Wednesday 18 April 2018

Tempat Wisata Kecil Di Sungai

Tampak sungai di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Foto Baebudin.

Menurut saya pribadi, selain kegunaannya sebagai aliran air, sungai juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk wisata kecil yang bermanfaat bagi penduduk disekitar sungai maupun bagi orang yang melewati di sepanjang sungai tersebut.
bagaimana caranya?
Kok bisa sih sungai itu di jadikan tempat wisata kecil?
Nah, bila saja diri kita sudah mencintai sungai agar sungai tersebut tetap terjaga tentunya sungai tersebut bersih dari sampah maupun kotoran yang mengganggu keindahan penglihatan mata kita, saya rasa twmpat wisata kecil di sungai tersebut akan bisa terwujud.
Contohnya, setelah sungai tersebut bersih dari sampah, pada tanggul sungai tersebut yang kemudian dibersihkan, setelah bersih tanggul sungai tersebut, bisa dikreatif sedemikian rupa dengan tujuan terciptanya tanggul sebagai tempat untuk berteduh. Dengan dikreatif memasang pagar yang terbuat dari bambu tentunya pagar tersebut di cat penuh warna. Di sepanjang tanggul tersebut sudah disediakan bangku dan meja yang terbuat dari kayu ataupun bambu. Tak lupa, pada tanggul tersebut ditanami pohon agar rindang.
Saya rasa konsep saya demikian apa yang ada dalam benak yang mempunyai keinginan sedikit berbagi perihal menyulap sungai menjadi tempat wisata kecil.
Yang terpenting adalah fungsi utama sungai tersebut tidaklah terganggu.
Sekian dan terimakasih.
Ttd,
Baebudin.

No comments:

Post a Comment