Sunday 23 July 2017

Muskab Oi Indramayu Ke-V, Ali Sa'id SPdi Terpilih Ketua BPK Oi Indramayu Periode 2017-2020.

Muyawarah Kabupaten (Muskab) Oi Indramayu yang ke V (Lima) dengan mengambil tema Silaturahmi Menuju Mufakat, dilaksanakan pada Minggu (23/7/2017) lalu bertempat di aula Kecamatan Kandanghaur di Desa Parean girang Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, menghasilkan keputusan musyawarah bahwa Ali Sa'id SPdi terpilih menjadi Ketua Badan Pengurus Kota (BPK) Oi Indramayu untuk periode kepengurusan tahun 2017 sampai dengan tahun 2020.


Muskab Oi Indramayu yang ke V diketuai oleh Toni Eri Wanto dengan dibantu anggotanya sebelum acara dilaksanakan, telah disibukan untuk mempersiapkan perlengkapan maupun peralatan untuk acara musyawarah tersebut. Demi terselenggaranya acara tersebut Toni Eri Wanto beserta anggotanya mempersiapkan keperluan maupun kebutuhan peralatan dan perlengkapan acara. Seperti mempersiapkan tempat acara, audio, white board, infokus, buku register peserta,buku peninjau, buku tamu, ID card peserta, ID card peninjau, ID tamu, ID Pers, ruang tunggu tamu, papan kelengkapan atau penunjuk arah, bendera kelompok, tempat parkir kendaraan motor dan mobil, toilet, tempat sampah plastik, snack dan konsumsi, surat undangan, kotak dan surat suara, spanduk selamat datang, dan lainnya.


Dengan terpilihnya Ali Sa'id SPdi yang menjadi Ketua BPK Oi Indramayu, ucapan selamat dan saran pun diberikan dari pemilik akun facebook Yanna Cikal kepada Ali Sa'id SPdi.


"Selamat atas terpilihnya akang Ali Sa'id sebagai Ketua baru BPK Oi Indramayu periode 2017-2020. Pesan saya untuk Oi Indramayu adalah janganlah berlomba-lomba untuk menjadi nomer satu, tapi berlombalah untuk menjadi pemersatu. Salam Oi . . ." tulis pemilik akun facebook Yanna Cikal, di facebook miliknya, Senin (24/7/2017) sekira 01.00 WIB.


Ok, dari penulis mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Ali Sa'id SPdi menjadi Ketua BPK Oi Indramayu periode kepengurusan tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Semoga bertugas dengan baik, Amin.


Untuk berikutnya, yuk kita simak apa sih itu Oi.


Dari informasi yang diperoleh penulis dan tentunya informasi ini sudah dipublikasikan oleh peengelola blogspot yang memiliki link http://googleweblight.com/?lite_url=http://oijaktim.blogspot.com/p/blog-page_23.html?m%3D1&ei=3Dr1a8QW&lc=id-ID&s=1&m=110&host=www.google.co.id&ts=1500839224&sig=ALNZjWmT0P-goVY_7J8IMTeNg0RBTOo25g pihak pengelola menuliskan tentang sejarah Oi Nasional, azas, visi dan misi, sifat, dan tujuan Oi Nasional.


Berikut ini penjelasannya, simak lebih lanjut lagi.


Sejarah Oi Nasional, bahw Oi itu didirikan oleh Iwan Fals dan fansnya dari 23 Propinsi di Indonesia pada saat silaturahmi tanggal 14 sampai dengan 16 Agustus 1999 bertempat di Desa leuwinanggung nomor 19 Cimanggis Depok yang menghasilkan kesepakatan Oi sebagai ORMAS (Organisasi Masyarakat).


Oi yang diawal pendiriannya bertujuan hanya mempersatukan para penggemar Iwan Fals dan simpatisannya, selanjutnya fungsi tersebut diperluas menjadi wadah pembinaan dan pemberdayaan masyarakat terutama kaum muda yang bersifat universal dan multidimensi mencakup semua aspek kehidupan namun difokuskan pada bidang seni budaya, olahraga, pendidikan/ perpustakaan, sosial dan niaga.


Nama Oi diambil dari kata seru untuk memanggil, dan bukan singkatan Orang Indonesia.


Oi sebagai ormas memiliki keputusan tertinggi pada Munas (Musyawarah Nasional). Struktur Oi terdiri dari Badan Pengurus Pusat Oi di tingkat Nasional, Badan Pegurus Wilayah di tingkat Propinsi, Badan Pengurus Kota di tingkat Kota, dan Badan Pengurus Oi Kelompok ditingkat grass root. Sampai saat ini sudah terbentuk Oi di sekitar 120 kota di seluruh Indonesia.


Dengan pergeseran paradigma dan pergeseran sikap dari sebuah fans club menjadi Ormas yang berbasis kaum muda maka Oi berusaha lebih profesional dan memberi ruang seluas-luasnya dalam mengembangkan potensi diri serta memperluas interaksi dengan lingkungan sebagai tempat menyalurkan ekspresi.


Melalui fokus pengembangan ini diharapkan dapat membuka peluang-peluang pemberdayaan bagi pembentukan kepribadian yang mencerminkan kaum muda yang mandiri serta memiliki daya pikir yang cerdas, kreatif dan progresif yang dapat menjadi modal penggerak perubahan.


Sejak lahirnya Oi terbentuk secara bootom up atas dasar kesamaan spirit lagu Iwan fals yang menyentuh kesadaran dan membentuk ikatan emosional yang kuat dan mengalir menjadi sebuah semangat untuk membangun cita-cita bersama.


Tahapan perjuangan Oi diawali dengan “Oi Bersatulah” yang kemudian mengerucut menjadi “Oi Berdayalah” adalah perjalanan kolektif dan kemudian dimanifestasikan kepada program kerja kongkrit.


Oi bersatulah merupakan sasaran membangun infra struktur yang solid dan tertib administrasi dari mulai jajaran Badan Pengurus Pusat sampai grass root yaitu tingkatan Oi kelompok. Jalinan komunikasi, koordinasi dan solidaritas yang terjalin harmonis adalah sumber kokohnya tatanan organisasi Oi.


Membangun pondasi organisasi melalui pencerahan pemikiran, pembentukan kompetensi dan menanamkan solidaritas kebersamaan adalah sumber kekuatan yang membuat Oi Jaktim tetap survive.


Selanjutnya pengembangan supra struktur Oi dengan membuka jaringan seluas-luasnya melalui komunikasi berkesinambungan dengan ekstern Oi.


Untuk menuju “Oi Berdayalah” adalah cita-cita luhur karena aspek berdaya menyangkut keberdayaan individu-individu sebagai pelaku yang menggerakkan organisasi kemudian pelaku tersebut mampu memberikan sesuatu yang berarti bagi organisasi yang pada titik tertentu secara kolektif dirasakan timbal balik berupa manfaat organisasi bagi anggota Oi dan masyarakat sekitarnya.


Azas, Organisasi Oi Berazaskan Pancasila.


Visi dan Misi, Maksud didirikan Oi adalah mendorong menumbuhkan dan mengembangkan minat, bakat, serta potensi anggota Oi pada khususnya dan kreatifitas masyarakat pada umumnya.


Tujuan didirkan Oi adalah dalam rangka ikut memberdayakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.


Sifat, Oi adalah Organisasi Masyarakat yang bersifat sosial dan mandiri (independen). Bukan partai politik dan bukan bagian dari organisasi pemerintah, organisasi politik maupun organisasi sosial kemasyarakatan lainnya dan tidak mempunyai tujuan atau memperjuangkan faham aliran politik dan golongan tertentu.


Oi adalah wadah pembinaan dan pemberdayaan masyarakat khususnya pengemar Iwan Fals yang bersifat universal dan multidimensional mencakup semua aspek kehidupan moral, spiritual, sosial, politik, ekonomi, budaya maupun hukum.


Oi bersifat demokratis dan terbuka bagi semua lapisan dan golongan masyarakat, tanpa membedakan asal usul, ras/etnis, suku, agama, status sosial maupun faham / aliran politik dan golongan yang dianut.


Fungsi, Oi berfungsi sebagai wadah persaudaraan sesama anggota Oi dan atau antar anggota Oi dengan anggota masyarakat.


Oi berfungsi sebagai wadah pembinaan, pengembangan bakat, kreatifitas anggota dan atau masyarakat pada bidang seni, Pendidikan, Olahraga, Niaga, Kerohanian dan Sosial.

No comments:

Post a Comment