Thursday 31 August 2017

Dari Samsudin SE pendongeng keliling konservasi, kepada redaktur semua media

Kepada yth redaktur semua media.

Saya seorang pendongeng keliling untuk konservasi satwa dilindungi dan hutan indonesia. Saya tergerak untuk melakukan kegiatan penyadaran konservasi setelah saya bertemu dan berbincang dengan ahli biologi dari amerika serikat, ibu mini nagendran, di taman nasional ujung kulon sekitar tiga tahun yang lalu. 

Dan makin menguat setelah saya bertemu kembali dengan pak alain compost seorang fotografer dan pembuat film binatang liar di indonesia. Pak alan compost begitu risau dengan berkurangnya kekayaan hayati indonesia. Saya ingin terus melakukan kegiatan dongeng keliling ini ke banyak tempat agar makin banyak anak indonesia yang peduli dengan pelestarian.

Hanya saja ketika teman teman pegiat konservasi begitu sibuk dengan kegiatan mereka dan saya harus bekerja (hampir) sendirian saya seperti kehilangan tongkat penopang. Saya hanya punya semangat dan semangat saja tidak cukup. Saya fikir semua pihak punya kepentingan dengan lestarinya hutan serta isinya. Tidak hanya peneliti tapi kita semua baik dr institusi pemerintah media dan masyarakat biasa. Karena bagaimanapun (untuk kebutuhan paling mendasar) kita semua butuh oksigen.

Lalu pada siapa saya minta dukungan ? karena kadang kegagalan kegiatan saya terhalang dengan perijinan dan pola pikir dari pemegang kewenangan. Padahal dengan saya bergerak sendiri proses panjang agar bisa terlaksananya kegiatan mendongeng keliling sangat merusak kelancaran kegiatan
Saya butuh dukungan dari banyak pihak. Dr pemerintah pusat maupun daerah dari kementrian pendidikan itu sendiri maupun dari banyak pihak lain.

Kadangkala penolakan datang karena masyarakat tidak mengenal saya dan apa yang akan saya lakukan. bahkan kadang karena kesahajaan saya saya sering dianggap sebelah mata.
Kadang saya berfikir apakah program saya di klaim negeri jiran dulu agar mata dan telinga orang indonesia terbuka ? 
Saya bukan superhero yang bisa melakukan semua hal tanpa perlu bantuan orang lain. Saya hanya lelaki tua berpenampilan sederhana cenderung lusuh dengan keinginan kuat untuk ikut serta jadi bagian yang berperan dalam upaya menjaga kekayaan keanekaragaman hayati sebisa dan semampu saya.

Hormat saya
pendongeng keliling konservasi yang sudah berkeliling di 13 propinsi

No comments:

Post a Comment